KADER PARTAI AMANAT NASIONAL UTAMA ANGKATAN KE IV 2004   

Senin, November 08, 2010

DPR Minta Masyarakat Hormati Kedatangan Obama

Jakarta - DPR meminta masyarakat menghentikan aksi protes penolakan Presiden Amerika Serikat Barack Obama. DPR meyakini ada keuntungan untuk Indonesia di balik kedatangan Obama besok.

"Mestinya kita menghormati tamu negara. Karena Presiden China saja saya terima dengan baik," ujar Wakil Ketua DPR, Priyo Budi Santoso, kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (8/11/2010).

Priyo mengaku kurang simpati dengan aksi demo menolak kedatangan Obama. Menurutnya, Indonesia harusnya menaruh simpati dan hormat kepada setiap tamu yang bertandang ke Indonesia.

"Saya kurang simpati dengan adanya demo penolakan Obama. Padahal Presiden Obama punya penghormatan lebih kepada rakyat Indonesia ketimbang Presiden lainnya," ungkap Priyo.

Menurut Pryo, Obama sangat respek dengan Indonesia. Obama bahkan meluangkan waktu khusus untuk mengunjungi negara masa kecilnya.

"Beliau pernah menetap di Indonesia. Saya pikir Pak SBY bisa menetapkan perhatian yang lebih kepada rakyat Indonesia," harap Priyo.

Priyo juga berharap rakyat Indonesia memahami kepentingan bersama di balik kedatangan Obama. "Yang lebih terbuka kepada tamu kehormatan kita," ujar Priyo.

Sebelumnya sejumlah aksi penolakan kedatangan Obama marak di tanah air. Bahkan di lokasi bencana letusan Merapi, di Yogyakarta, aksi penolakan kedatangan Obama juga dilakukan.

Presiden SBY bertolak secara khusus ke Jakarta untuk menyambut Obama. Padahal, SBY tengah berkantor di Yogyakarta untuk memberi perhatian lebih kepada korban bencana Merapi.
(van/lrn)