KADER PARTAI AMANAT NASIONAL UTAMA ANGKATAN KE IV 2004   

Senin, November 08, 2010

Obama Pidato di UI, Stasiun UI & Pondok Cina Tetap Beroperasi


Jakarta - Kampus Universitas Indonesia (UI) Depok akan mendapat pengamanan maksimum saat Presiden AS Barack Obama berkunjung pada Rabu (10/11) nanti. Padahal, ada stasiun kereta UI dan Pondok Cina yang menempel dengan kampus UI. Namun sejauh ini, tidak ada perubahan terhadap operasional dua stasiun ini.

"Sampai detik ini tetap normal. Operasional Stasiun UI dan Pondok Cina tetap sesuai jadwal," kata Humas Daops I PT KAI, Mateta Rizalul Haq, kepada detikcom, Senin (8/11/2010).

Menurut Mateta, PT KA terus berkoordinasi dengan Polri dan berbagai pihak lain. Jika nantinya ada perubahan karena kunjungan Obama, pasti PT KAI akan memberitahukan para penumpang.

"Belum ada informasi apa berhenti operasi atau bagaimana. Pasti kalau ada perubahan kita informasikan. Kalau sejauh ini tetap normal," jelas Mateta.

Mateta menjelaskan, jika nanti ada dampak pengamanan Obama terhadap Stasiun UI dan Pondok Cina, ada skenario yang sudah disiapkan. Kemungkinan besar, KRL Bogor-Jakarta tidak berhenti di dua stasiun itu.

"Mungkin tidak berhenti di stasiun-stasiun itu," papar Mateta.

Oleh karena itu, PT KAI sampai saat ini terus berkoordinasi dengan Polri jika nanti sewaktu-waktu ada perubahan. Namun sebelum ada perubahan, maka Stasiun UI dan Pondok Cina tetap beroperasi seperti biasanya.

Sementara, pengamanan kampus UI meningkat tajam sehari menjelang kedatangan Obama di Indonesia. Pasukan TNI dan Polri disebar di berbagai sudut kampus, lengkap dengan senjata laras panjang.

Setiap akses jalan menuju UI, baik itu pintu Gerbang Utama (Gerbatama), Stasiun UI dan Pondok Cina, dan jalan tikus dari Kukusan, semua sudah dijaga aparat. Bahkan akses Kukusan Teknik dan Kukusan Kelurahan sudah ditutup dari akses kendaraan. Namun, mahasiswa masih bisa mondar-mandir lewat jalan-jalan kecil itu.

Pengamanan paling maksimum berada di sekitar Gedung Balairung UI dan Rektorat UI yang saling bersebelahan. 3 Panser dan 2 water cannon sudah bersiaga. Sementara sejumlah aparat TNI dan Polri menyisir sekitar gedung.

Balairung yang mampu menampung ribuan orang pun, sedang dipercantik untuk menyambut kedatangan Obama. Di tempat inilah Obama akan berpidato. Sementara kampus UI akan diliburkan pada saat kedatangan Obama Rabu (10/11) mendatang.