KADER PARTAI AMANAT NASIONAL UTAMA ANGKATAN KE IV 2004   

Kamis, Desember 09, 2010

Indonesia-Singapura akan Bentuk Sekolah Penerbangan Tempur

Kamis, 09/12/2010 00:43 WIB
Anwar Khumaini - detikNews
Nusa Dua - Pemerintah Indonesia dan Singapura semakin meningkatkan kerjasama bilateral. Bahkan, kedua negara tetangga ini akan membentuk sebuah sekolah penerbangan untuk pesawat-pesawat tempur.

Gagasan ini muncul dalam pertemuan yang berlangsung antara Presiden SBY dan Deputi Perdana Menteri Singapura di Laguna Resor and Spa, Nusa Dua, Bali, Rabu (8/12/20100).

"Presiden setuju, yaitu membentuk suatu sekolah untuk instruktur penerbang tempur yang akan kita adakan nanti untuk training pilot-pilot kita untuk jadi instruktur pesawat terbang tempur," kata Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro usai mendampingi Presiden bertemu dengan Deputi Perdana Menteri Singapura.

Purnomo menjelaskan, kerjasama ini merupakan satu hal baru yang disepakati dan tentunya akan dilaksanakan untuk mempererat kerjasama kedua negara.

"Jadi ini sekolah untuk instruktur penerbang tempur yang akan kita adakan nanti untuk training pilot-pilot kita untuk jadi instruktur pesawat terbang tempur," kata Purnomo.

Ide yang digagas oleh Purnomo ini dalam rangka ulang tahun kerjasama Indonesia-Singapura yang ke-30 tahun. Adapun Indonesia nantinya dipilih sebagai tempat pelatihan.

Kapan dimulai?  "Ini kan baru ide yang saya lemparkan tadi dalam rangka ulang
tahun  Indopura ke-30. Ini tentu akan dibicarakan dengan KSAU," kata mantan menteri ESDM tersebut.