KADER PARTAI AMANAT NASIONAL UTAMA ANGKATAN KE IV 2004   

Sabtu, Desember 04, 2010

Pemilihan Gubernur California 2010

Ringkasan :
  • Tanggal pemilihan pendahuluan 8 Juni 2010
  • Jumlah dana yang di gunakan Brown - 25 juta Dollar ;  Whitman - 142 juta Dollar
  • Jumlah media 11
  • Jumlah total iklan TV 52 (Whitman mulai sejak tanggal 23 juni Brown mulai sejak tanggal 6 Sept
  • Kelompok independen  AFSCME, Small Businees Action Committee,California Work Families, Educator for Brown
  • Total Pemilih  10,003,769
___________________________________________________

142 Juta Dollar

Itu merupakan jumlah uang yang dihabiskan oleh kandidat Gubernur dari Partai Republik, Meg Whitman, ketika melakukan kampanye untuk pemilihan Gubernur California

Uang memang memainkankan peran penting dalam kampanye di Amerika, tetapi saat ini uang bukan segalanya, walaupun Whitman mengeluarkan dan 5 kali lebih besar di bandingkan lawan-lawannya, Whitman kalah dalam pemilu.

Gubernur saat ini, Arnold Schwarzenegger tidak dapat mencalonkan diri kembali karena adanya batasan waktu menjawab, membuat panggung pemilu yang terbuka bagi siapa saja.

Dalam pemilu kali ini, partai Demokrat mencalonkan Jerry Brown, yang saat ini menjabat sebagai Jaksa Agung dan mantan walikota Oakland. Yang patut di catat, Brown sebelumnya pernah menjabat sebagai gubernur California dari tahun 1975-1983 - tercatat sebagai gubernur termuda dalam sejarah.

Whitman, 54,merupakan seorang eksekutif dari perusahaan eBay yang sukses, masuk kedunia politik karena setelah ia menyadari kalau dulu ia sangat jarang memilih.

Termasuk dalam daftar forbes sebagai salah satu dari delapan wanita milyuner di dunia, yang mencapai kesuksesan dengan kerja keras bukan karena harta warisan, Whitman unggul dalam polling selama musim panas dan terlihat memiliki momentum untuk menang.

Tetapi pada akhir bulan september,hanya beberapa minggu sebelum pemilu terdengar berita jika Whitman mempekerjakan imigran gelap sebagai pembantu rumah tangganya. dalam kampanyenya, Whitman menyerukan untuk memberikan sanksi yang lebih keras bagi pengusaha yang mempekerjakan imigran gelap dan sekarang isu tersebut balik menyerang kredibilitasnya.

Hal tersebut terungkap ketika Whitman dan Brown berada dalam acara debat publik dalam bahasa Spanyol dan dimana kaum hispanik merupakan pemilih mengambang yang potensial, diproyeksikan akan menyumbang 15% suara.

Berita tersebut mendominasi berita selama beberapa hari, mengguncang Whitman, yang hingga saat ini dipuji karena mampu menjaga pesan yang disampaikan, tidak seperti Brown yang memilki pesan yang tidak jelas.

Dalam minggu-minggu berikutnya, koran-koran di California mendukung Brown. Di tahun dimana pemilih menuntut adanya perubahan ia berhasil membuat isu imigran gelap menjadi isu yang hangat, sebaliknya koran-koran menyerang whitman untuk "kekurangan" dan "kekosongan" kebijakan yang ditawarkan, terutama yang berkaitan dengan penurunan anggaran dan isu ekonomi - isu-isu bagi negara yang mengalami pegangguran hingga 12%.

Baik Brown dan Whitman di kritik karena kampanye nya negatif. Seminggu sebelum pemilu mereka melakukan debat terakhir, dalam debat tersebut moderator meminta kedua kandidat untuk menarik iklan-iklan yang saling menyerang hingga akhir pemilu, permintaan tersebut didukung oleh penonton.Brown setuju tetapi Whitman menolak, menyatakan bahwa pemilih harus tahu " dimana posisi yang diambil oelh Brown dalam isu-isu yang ada.

Esok harinya analis politik, David Gregory dari Meet the Press mangatakan Brown mendapat angka " angka positif" tertinggi dari seluruh kandidat Gubernur yang ada dan Whitman merasa ia perlu membuat iklan yang menyerang karena dianggap efektif untuk memperkecil perbedaan angka perolehan.

Pada akhirnya Brown menang 54-41% dan menjadi Gubernur California tertua pada usia 72 tahun.