KADER PARTAI AMANAT NASIONAL UTAMA ANGKATAN KE IV 2004   

Sabtu, November 20, 2010

Wisata Candi Borobudur Kembali Dibuka Besok

sabtu, 20 November 2010 22:37 WIB

Magelang, (tvOne)

Seiring menurunnya aktivitas gunung merapi, wisata sejarah Candi Borobudur akan kembali dibuka untuk umum besok, Minggu (21/11). Namun bagian yang akan dibuka masih bagian halaman dan Kamadatu serta selasar candi.

"Mulai besok akan kita buka. Kita akan kasih barikade juga untuk jadi batas-batas yang bisa dikunjungi yakni bagian Kamadatu pertama (undak paling bawah)," kata kepala seksi pelayanan teknis balai konservasi dan peninggalan Borobudur, Iskandar M Siregar di Magelang, Sabtu (20/11)

Sebenarnya, kata Iskandar, taman wisata Candi sudah mulai dibuka sejak dua hari lalu. Namun pembukaan belum resmi dipublikasikan ke umum.


Pascaerupsi merapi, Borobudur ditutup untuk kunjungan wisata umum sejak 4 November 2010. Letusan menyebabkan abu vulkanik dan pasir dari letusan merapi menghujani candi.

Menurut Iskandar, pembersihan candi dari abu vulkanik merapi telah dimulai sejak 11 November oleh para relawan dan balai konservasi dan peninggalan candi secara manual, sudah 75 persen bagian Arupadatu yang berhasil dibersihkan.


Diharapkan pembersihan dan perbaikan candi sudah selesai secara menyeluruh pada empat minggu mendatang. 

Untuk mencegah bahaya pelapukan batu candi, petugas telah menutupi bagian teras tiga dan bagian "Kuntobimo" candi dengan plastik. "Kuntobimo itu bagian candi yang orang biasa kalau berkunjung ke sini itu mencoba menyentuh patung budha di dalamnya," jelasnya.