KADER PARTAI AMANAT NASIONAL UTAMA ANGKATAN KE IV 2004   

Senin, Januari 10, 2011

Tokoh Agama Turun Gunung Kritik Pemerintah


SENIN, 10 JANUARI 2011,  16:51 wib
Semua bidang rapuh. "Tapi, ada orang yang tak merasa, yang tak mau melihat kerapuhan itu."


"Semua tokoh agama sudah turun gunung, kalau ini tidak diperhatikan, siapa kami ini sebenarnya?" kata mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Syafii Maarif dalam pernyataan terbuka tokoh lintas agama di kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, Senin 11 Januari 2011. 

Menurut Buya, sapaan Syafii, saat ini 'monster' kerapuhan sedang menyerang bangsa Indonesia. Kerapuhan moral, politik, ekonomi. Semua bidang rapuh. "Tapi, ada orang yang tidak merasa, yang tidak mau melihat kerapuhan itu," imbuhnya.

Bikkhu Pannyavaro menambahkan, kebobrokan yang terjadi pada bangsa ini karena kebohongan sudah menggelayuti para pemimpin dalam menjalani amanah rakyat.

"Kalau para pemuka agama ini tidak bersuara keras, memperbaiki kebohongan yang dilakukan pemimpin kita, dari mulai Ketua RT hingga Presiden, maka kebohongan itu menjadi kultur, sifat mental bangsa ini," kata Bikkhu Pannyavaro. 

Di sisi lain, dia melanjutkan, jika para pemuka agama sendiri justru senang dengan kekuasaan, senang uang, maka umat tidak akan mendengar seruan para pemimpinnya.

"Apabila para pemuka agama ini nasehatnya sudah tidak didengar, maka hancurlah benteng moral bangsa ini," katanya. 

Tokoh agama yang hadir dalam acara ini antara lain, Ahmad Syafii Maarif, Andreas A Yewangoe, Din Syamsuddin, Situmorong, Bikkhu Pannyavaro, Mgr D Situmorong, Shalahuddin Wahid, dan I Nyoman Udayana Sangging.