KADER PARTAI AMANAT NASIONAL UTAMA ANGKATAN KE IV 2004   

Jumat, Desember 31, 2010

PAN: Wacana Poros Tengah Hambat Konsolidasi Setgab

Jumat, 31/12/2010 01:12 WIB - detikNews
Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) menilai wacana pembentukan poros tengah yang dilempar PKS kontraproduktif dengan semangat memperkuat Setgab koalisi. Pembentukan poros tengah sama saja dengan menganggu jalannya Setgab koalisi dalam mengawal pemerintahan Presiden SBY-Boediono.

"Barangkali kalau sekedar masukan sih boleh-boleh saja tetapi kalau menyangkut eksistensi koalisi besar ya tentunya diharapkan harus ada peran fungsi masing-masing memperkuat koalisi. Kalau kemudian posisinya tidak bisa saling mendukung dan tidak bersienrgi di dalam kapal koalisi ya akan terhambat," kritik Sekjen PAN, Taufik Kurniawan, kepada detikcom.

Menurut Taufiq, anggota koalisi seharusnya menghargai keberadaan Setgab koalisi. Tak terkecuali PKS yang mewacanakan poros tengah, diimbaunya untuk memperkuat Setgab.

"Tapi kita kan naik kapal besar kalau kemudian ada PKS melubangi perahu tentunya kontraproduktif," imbau Taufik.

Pandangan senada disampaikan Ketua DPP PAN Bima Arya Sugiarto. Bima mengajak PKS dan PPP yang sudah mulai memanaskan wacana poros tengah agar menghentikannya.

"Kita menolak, artinya bagi kita bukan saatnya membentuk poros baru. Kita fokus saja dengan yang sudah ada," jelas Bima.

Bima memang sepakat diperlukan evaluasi di Setgab koalisi. Namun wacana membentuk poros tengah bukan jawabannya.

"Tinggal diperbarui konsolidasinya di Setgab," tandasnya.