KADER PARTAI AMANAT NASIONAL UTAMA ANGKATAN KE IV 2004   

Rabu, November 03, 2010

Obama Mulai Lawatannya ke Asia Jumat

TEMPO Interaktif, Washington -Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan memulai lawatannya ke Asia pada Jumat nanti. Seperti dilansir kemarin, kedatangan presiden kulit hitam pertama Amerika itu untuk mencari tempat permanen bagi negaranya di kawasan Asia.Beberapa negara yang akan disinggahi dalam lawatannya adalah India, Indonesia, Korea Selatan, dan Jepang. 
Obama dijadwalkan berada di India pada Sabtu. Di negara ini, dia akan menghabiskan waktunya selama tiga hari di dua kota: Mumbai dan New Delhi. Selain membahas peningkatan hubungan bisnis, di India, Obama dijadwalkan akan mengenang korban teror serta mengunjungi parlemen dan jamuan makan malam negara.
Selesai di India, Obama melanjutkan perjalanan ke Indonesia. Obama pernah menghabiskan empat tahun masa kanak-kanaknya di Jakarta. Pada 9 November, Obama dijadwalkan bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Pada 10 November malam, Obama bertolak ke Seoul, Korea Selatan. Tiba di Seoul, dia dijadwalkan bertemu dengan Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak pada 11 November, dan kemudian menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi kelompok negara G-20. Pada 13 November, dia menghadiri KTT APEC di Yokohama, Jepang.
Selama kunjungan 10 harinya, Obama tak hanya bertemu dengan pemimpin negara tuan rumah, tapi juga presiden Rusia Dmitry Medvedev dan Presiden Cina Hu Jintao. Obama bertemu dengan Hu pada 11 November di sela-sela pertemuan G-20 di Seoul. Keduanya akan membahas masalah ekonomi global, perdagangan, Korea Utara, Iran, dan masalah lainnya.
Di Jepang, Obama bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Naoto Kan dan Perdana Menteri Australia Julia Gillard. Pertemuannya dengan Gillard nanti merupakan yang pertama sejak Gillard menduduki kursi perdana menteri bulan lalu.”Australia jelas sekutu terdekat kita di kawasan dan dunia tentunya,” kata wakil penasihat keamanan nasional Gedung Putih, Ben Rhodes. 
Adapun pertemuan dengan Medvedev berlangsung di sela-sela KTT APEC pada 14 November. Obama disebutkan akan mendiskusikan banyak hal dengan Medvedev. Termasuk menawarkan Moskow untuk keanggotaan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), bekerja sama dalam masalah seperti non-proliferasi, keamanan nuklir, dan masalah keamanan lainnya